Tuesday, December 8, 2009

Tak lama setelah IMO merilis ponsel merek lokal dengan sistim operasi (OS) berbasis Google Android, kini distributor merek lokal lain mulai mengikuti jejaknya. Salah satunya adalah ponsel dengan merek Taxco.

"Kami melihat tren Android kian digemari masyarakat," ujar Presiden Direktur Taxco, Djong Suriandi, di sela kerjasama Taxco dengan operator seluler 3, di MU Cafe, Jakarta, Selasa (8/12/2009).

"Di Amerika Serikat sana, misalnya, hampir semua ponsel sudah mulai menggunakan Android. Saya rasa tren itu akan menular ke Indonesia. Itu yang mendasari kami untuk mengeluarkan ponsel Android," jelasnya lebih lanjut.

Taxco sendiri baru akan merilis ponsel berbasis OS besutan Google itu pada kuartal pertama 2010 mendatang. Menurut Djong, Taxco akan mengeluarkan minimal dua unit dalam tahap awal perkenalannya.

Selain memasarkan perangkat, Taxco katanya juga akan memperkuat ponsel Android tersebut dengan sejumlah aplikasi yang dipasok melalui toko online, seperti yang dilakukan oleh IMO sebelumnya bersama Indosat Mega Media (IM2).

"SDK (software development kit) Android sudah kita dapatkan dari Google, saat ini aplikasinya akan dikembangkan dari China. Termasuk toko aplikasi online-nya," jelas Djong.

Meski hanya akan mengandalkan aplikasi sendiri, namun Taxco tak menutup kemungkinan nantinya untuk membuka akses unduh aplikasi langsung ke Android Market. Padahal, Indonesia sendiri belum mendapatkan lisensi dari Google untuk mengakses langsung ke Android Market.

"Perlahan dan bertahap kami yakin Google akan memberikan lisensinya ke Indonesia. Apalagi kalau jumlah penggunanya akan semakin banyak," tandas dia.

0 komentar:

Post a Comment