Tuesday, January 13, 2015

PERSIAPAN AWAL

Cara root berikut ini merupakan cara panjang, namun berguna untuk belajar basic adb. Mungkin pada update berikutnya, kami akan tuturkan cara root Motorola Moto G tanpa PC. Sebelum memulai, anda harus menyiapkan hal-hal berikut ini:

Download Software dan driverSetup ADB (ini adalah langkah penting, jangan lanjut ke langkah berikutnya jika anda belum menyelesaikan langkah ini)Unlock BootloaderInstal custom recovery TWRP dan instal aplikasi SuperSU

LANGKAH-LANGKAH CARA ROOT MOTOROLA MOTO G

Ikuti langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

DOWNLOAD SOFTWARE DAN DRIVERMotorola Device DriversAndroid SDK, pilih ‘Download the SDK ADT Bundle for Windows’SuperSUmfastbootTWRP versi 2.7.1.1 (Update 24 June 2014)

SETUP ADB

Caranya:

Install Motorola Device Driver di PCInstall Android SDK dan buka SDK Manager dari Start MenuPada Android SDK Manager, beri tanda centang di Android SDK Platform-tools, lalu klik Install (lihat gambar)
Klik Accept All, lalu Install.Buat folder baru di C: dan beri namaAndroid-SDK.Cut semua isi file dalam folder ‘sdk’, paste ke folder C:\Android-SDK
Klik Kanan My Computer, pilih Advanced System Setting, pilih tab Advanced, lalu klikEnvironment Variables.
Cari kata ‘Path’ lalu klik Edit.
Lihat kotak Variable Values, lalu tambahkan;C:\Android-SDK\platform-tools; (jika folder Android-SDK dibuat di D atau drive lain, silahkan ganti sesuai path nya).
Klik OK 3x sampai semua windows tertutup.Copy file ‘mfastboot’ yang tadi sudah didownload ke folder platform-tools supaya jadi satu dengan file adb dan fastbootSekarang saatnya testing. Jalankan elevated command prompt (Klik Start> ketikcmd, lalu klik kanan pilih ‘Run as Administrator’Ketik fastboot dan jika sudah muncul tampilan seperti gambar dibawah maka adb sudah ready.

UNLOCKING BOOTLOADER

Langkah ini akan menghapus semua data di Moto G anda, silahkan backup data-data anda sebelum melanjutkan langkah berikut ini.

Aktifkan USB debugging pada ponsel (Setting>Developer Option).Buka link ini.Pilih tipe Moto G US/Global GSM sesuai milik anda.Klik ‘Unlock’, ‘Next’, login dulu. Kalau belum punya ID, anda harus melakukan registrasi.Set Moto G ke bootloader mode. Caranya:Matikan ponselTekan dan tahan tombol Power + Volume Down selama 3-4 detik, lalu lepas bersamaanSambungkan kabel USB (gunakan kabel USB original dan sebaiknya tancapkan langsung pada port utama USB di belakang motherboard)Buka adb dari command prompt dan ketikkan fastboot oem get_unlock_datamaka muncullah tampilan dibawah.
Copy 5 baris kode yang muncul di command prompt. Caranya:Klik kanan pada area command promptPilih Mark untuk menyeleksi (highlight), kemudian lakukan blok seperti biasa dengan menggunakan mouse seperti kita menyeleksi dukumen sebagaimana biasanya.Tekan tombol Enter, (dengan menekan tombol Enter data tercopy di clipboard dan siap untuk dipastekan).Paste ke jendela input di website Motorola. Pastikan tidak ada spasi (hapus semua spasi sehingga menjadi 1 baris panjang). Perlu diketahui juga bahwa “(boot loader)” tidak boleh dicopy.
klik ‘Can my device be unlocked?’Gulir halaman ke bawah, beri centang pada ‘Agree’ lalu klik ‘Request unlock code’.Unique unlock code akan dikirim ke email yang anda pakai saat daftar tadi. Sekarang buka C:\Android-SDK\sdk\platform-tools(atau disesuaikan dengan tempat dimana anda menaruh file-file tsb) lalu Shift + klik Kanan pada tempat kosong di folder yang anda buka, pilih Open command window here lalu ketikkan fastboot oem unlock.Kalau keluar error seperti gambar dibawah, lanjutkan saja
Proses unlock bootloader sudah selesai dan Moto G anda siap diroot.

CARA ROOT MOTO GDownload Superboot r2, dan extract dalam direktori yang mudah anda ingat.Set Moto G ke bootloader mode. (Matikan ponsel, tekan dan tahan tombol Power + Volume Down selama 3-4 detik, lalu lepas bersamaan)Jika anda pengguna Windows, jalankan ‘superboot-windows.bat’ sebagai Administrator (klik kanan pada ikon, laluk klik run as Administrator). Untuk pengguna Mac, buka jendela terminal ke direktori yang berisi file, dan ketik ‘chmod +x superboot-mac.sh’ followed by ‘sudo ./superboot-mac.sh’ untuk pengguna Linux buka jendela terminal ke direktori yang berisi file, dan ketik ‘chmod +x superboot-linux.sh’ followed by ‘sudo ./superboot-linux.sh’Selamat! Motorola Moto G anda sudah di root

0 komentar:

Post a Comment